Pemkab Samosir Peringati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023

Pemkab Samosir menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 di Tanah Lapang Pangururan, Jumat (10/11/2023).

topmetro.news – Pemkab Samosir menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 di Tanah Lapang Pangururan, Jumat (10/11/2023).

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Samosir diawali dengan ziarah dan tabur bunga di Makan Pahlawan Sidamdam Desa Rianiate dipimpin Bupati Samosir diwakili Asisten III Waston Simbolon.

Selain Waston Simbolon, hadir juga Asisten II Hotraja Sitanggang, SAB Rudi SM Siahaan, dan para pimpinan OPD. Juga hadir, Danramil Pangururan Sugino, Kasi Pidum Kejari Samosir Didi Haryadi, Kalapas Pangururan Jeremia Leonta, jajaran pegawai Pemkab Samosir. Serta, personil TNI/Polri, pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA.

Peringatan Hari Pahlawan ke-78 mengusung tema, ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

Kapolres Samosir Yogie Hardiman yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Sosial RI, yang antara lain menyampaikan, generasi penerus bangsa memiliki tantangan untuk mengelola kekayaan alam yang luar biasa. Yakni, tanah subur, hasil laut melimpah, kandungan Bumi yang menyimpan beragam mineral. Serta juga potensi penduduk Indonesia. Semuanya untuk kejayaan bangsa dan negara.

Penjahahan Modern

Sesuai Tema Hari Pahlawan ke-78, Mensos Tri Rismaharini menyampaikan bahwa tema tersebut sudah melalui renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Akan tetapi ancaman dan tantangan itu dapat takluk berbekal semangat sebagaimana yang para pejuang 10 November 1945 contohkan.

“Pahlawan bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan,” kata Risma.

Risma melanjutkan, semangat memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat terlihat dan terasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. “Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa mewujudkan masa depan yang lebih baik,” urainya.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutup Kapolres Samosir.

Dalam kesempatan tersebut, Siswa SMAN 1 Pangururan menampilkan drama kolosal dengan judul, ‘Pahlawanku adalah pejuang’. Drama ini menggambarkan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment